Monday 8 October 2012

Olahraga Berat Hanya Jadi Penyakit Kalau Abaikan Ini

Jakarta, Melakukan olahraga berat seperti lari marathon sangat menguras fisik. Kalau dilakukan oleh orang yang tidak terlatih, bisa-bisa malah jadi penyakit. Agar olahraga berat memberikan manfaat yang sebanding, perhatikan hal-hal berikut ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan olahraga berat seperti lari marathon adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Fitsugar, Selasa (9/10/2012).

1. Jangan terpaku pada satu jenis olahraga
Boleh-boleh saja melakukan latihan ketahanan untuk mempersiapkan diri ikut marathon misalnya, tapi jangan dijadikan satu-satunya rutinitas latihan. Dianjurkan, sedikitnya 2 kali dalam sepekan ada sesi latihan kekuatan otot sebagai penunjang.

Squat atau gerakan jongkok-berdiri serta lunges atau gerakan jongkok dengan kaki melangkah lebar sangat berguna untuk menunjang kekuatan otot. Demikian juga dengan plyometric atau latihan yang difokuskan pada gerakan yang cepat, singkat namun dilakukan dengan kekuatan penuh.

2. Dibikin enak saja
Saat melakukan olahraga berat, kerja otot yang berlebih akan memicu berbagai keluhan mulai dari nyeri hingga pegal-pegal. Agar tidak terlalu menyiksa, sangat penting untuk melatih kelenturan otot misalnya dengan membiasakan diri melakukan peregangan atau stretching.

Kalau pencegahan sudah dilakukan tetapi tetap saja pegal-pegal dan terasa nyeri, jangan dibiarkan saja. Redakan dengan memanfaatkan foam-roller sedikitnya 4 kali dalam sepekan, atau kalau mau lakukan sport massage sedikitnya sekali dalam sepekan.

3. Jangan lupa pendinginan
Gerakan pendinginan wajib dilakukan setelah olahraga untuk mengembalikan fungsi fisik seperti keadaan awal. Tidak cukup hanya dengan gerakan-gerakan sederhana, para ahli olahraga menganjurkan agar sekali waktu para atlet mendinginkan diri dengan berendam di air es.

Sejumlah penelitian membuktikan berendam di air es bisa meredakan peradangan dan mengurangi nyeri yang dirasakan setelah olahraga berat. Kalau berendam air es dirasa terlalu ekstrem, mandi dengan air dingin saja sudah cukup untuk mendapatkan efek yang kurang lebih sama.

No comments:

Post a Comment